Info & Pertanyaan Seputar Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor

SEGERA BAYAR PAJAK KENDARAAN ANDA

PENGHAPUSAN DENDA ADMINISTRASI 

1 Desember 2018 s/d  31 Mei 2019
INFO LENGKAP BACA DI SINI

Halaman ini merupakan wadah informasi dan pertanyaan terkait pembayaran pajak kendaran bermotor khususnya wilayah Kalimantan Tengah.

Silahkan sampaikan informasi dan pertanyaan secara jelas dan mudah dimengerti.  Pertanyaan dan komentar yang masuk akan dimoderasi oleh admin, sehingga tidak akan langsung muncul.

Mari, kita membayar pajak untuk kalteng lebih baik

158 COMMENTS
  • Khalid Zuhri
    Reply

    Mohon info, berapa biaya fiskal untuk mutasi kendaraan antar provinsi. Pajak kendaraan masih belum jatuh tempo untuk pembayaran pajak. Tks

    1. Admin
      Reply

      Cetak fiskal gratis

      1. bayu pratama

        min klo bayar pajak secara online bisa gak?

      2. Admin

        @bayu masih belum bisa

      3. Ahmad

        Admin! Mau nanya min. Posisi sy di pky, plat motor sy sampit dg atas nama orang sampit,Apakah bisa membayar pajak di pky? Apa saja syaratnya? Terus, pajak sudah mati dari 2016, berapa kira kira untuk biaya semuanya ya? Trims.

      4. Admin

        @Ahmad. Ganti plat wajib di samsat asal. Cek fisik bisa dengan cek fisik bantuan. Biaya : PNBP 160rbu ditambah pajak

    2. Suto
      Reply

      Dear Admin, berapa biaya ganti warna pada surat
      kendaraan mobil?

      1. Admin

        @Suto. 200rbu

    3. assalam127127
      Reply

      Mohon info, Supra 125 pajak mati 3 THN sekaligus balik nama biaya brp?

      1. Admin

        Bisa di cek dihalaman cek Pajak, ditambah STNK dan plat

  • Joko pengalasan
    Reply

    Mohon petunjuk, apa syarat pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan (satu tahun)
    Ada yg bilang tanpa harus menyertakan bpkb, jadi hanya ktp dan stnk asli, apa demikian? Terimakasih

    1. Admin
      Reply

      Syarat perpanjang PKB tahunan: BPKB, STNK, KTP sesuai BPKB. Masing2 asli dan copy 1 rangkap. Berkas asli untuk verifikasi, berkas copy untuk arsip samsat.
      Jika diwakilkan, harus menyertakan KTP asli pemilik disertai surat kuasa bermaterai 6ribu. Semoga membantu

      1. Andiwijoyo

        Bagaimana kami yang beli motor bekas dan pemilik awal sudah tidak di palangka raya. Apakah bisa menggunakan photocopy saja?

      2. Admin

        Balik nama sesuai pemilik baru

      3. Andiwijoyo

        Daerah lain enak aja pakai foto copy KTP, dipermudahlah buat kami yang hanya bisa pakai motor bekas. Balik nama orgnya gk ada di palang emang bisa?….lagian butuh dana lebih boss buat ngurus balik nama kita org kecil org gk mampu beli motor aja bekas harga 1juta doang.

      4. Admin

        Kelengkapan berkas merupakan kewenangan kepolisian. Berdasarkan Perkap No.5 tahun 2012.
        Dibaca komentar sebelumnya. Balik nama tidak perlu KTP pemilik lama. Semoga membantu

      5. amri

        pada perkap no. 5 tahun 2012 pada klausal pasal berapa yang menyebutkan harus melampirkan KTP asli., mohon informasinya biar sama-sama belajar. tks

      6. Admin

        Pasal 44

      7. Eddy rianto

        Bagaimana kalau belum ada BPKB. ?
        Motor masih kredit, mohon infonya. .

      8. Admin

        @Eddy. Minta surat keterangan dari pihak sekolah

      9. Eddy rianto

        Maksudnya itu sekokah apa min. ?
        Saya sudah tidak sekolah masalahnya. .
        Di provinsi sebelah saja tidak di lampirkan copy BPKB hanya copy KTP sama STNK asli saja. .

      10. Admin

        @Eddy. Dari pihak leasing. Beda provinsi beda peraturan

      11. Eddy rianto

        Yg bener aja min, di tempat saya tidak ada leasing tersebut (nama di samarkan) adanya di Palangkaraya & Banjarmasin, masa iya ke kota besar cmn minta surat itu aja, berapa biaya dan waktu. Yg di bayar pajak motor pribadi bukan hasil curian, . Konyol peraturannya. . Harusnya di permudah org wajib pajak bukan di persulit. Terima kasih

      12. Admin

        @Eddy. Langsung ke samsat saja pak, silahkan sampaikan ke Kepala UPT nya. Admin hanya operator biasa

      13. Sultan

        Min Riwayat Pembayaran Itu apaya maksudnya?

      14. Admin

        @sultan. Pembayaran pajak sebelumnya

  • toeni
    Reply

    Dear admin Berapa biaya Mutasi keluar Motor dari Pangkalan bun ke sampit dengan Balik nama.?? Kok saya Mau Proses Resmi di susahin Sama Aparat dan Biaya nya di minta 525 ribu..apakah memenga segitu Biaya nya..,saya lihat didepan biaya nya 150 ribu.. dimana saya bisa lapor kalo ada aknum yang maksa untuk Pungli..?

    1. Admin
      Reply

      Untuk saat ini samsat belum ada layanan pengaduan resmi.
      Biaya mutasi keluar sesuai PNBP adalah 150rb untuk kendaraan R2, 250rb untuk kendaraan R4 atau lebih.
      Mutasi masuk biayanya sama ditambah biaya balik nama 225rb R2 dan 325rb untuk R4, plat nomor 60rb R2 dan 100rb R4, cetak STNK 100rb R2 dan 200rb R4 Belum termasuk BBNKB, PKB dan SWDKLLJ.
      Silahkan menemui kepala UPT/Samsat, sampaikan dan jelaskan dengan baik2.
      Semoga membantu

  • Elok Retno Oetami
    Reply

    Min, mohon bantuan.

    Saya Pengurus Barang baru, Pengurus Barang yang lama mutasi di kantor lain. Setelah saya cek, ternyata ada ketidakcocokan antara plat nomor polisi dan BPKB dan STNK.

    Untuk keperluan administrasi dan menjaga-jaga, apakah bisa saya mendapatkan akses untuk mencocokkan Nomor Rangka, Nomor Mesin dengan BPKB dan Nomor Polisi dari kantor yang saya pegang? Saya perlu mengupdate data di SimBada (Sistem Informasi Barang Daerah) di bawah BPKAD dan Simda (Sistem Informasi Aset Daerah) di bawah Bagian Perlengkapan Setda dengan menginput data yang benar dan melakukan klarifikasi.

    Terima kasih.

    1. Admin
      Reply

      Silahkan datang ke kantor samsat sesuai data di surat kendaraan. Identifikasi kendaraan bermotor adalah wewenang kepolisian. Semoga membantu.

      1. ELOK RETNO OETAMI

        Ini juga masalah baru di kantor saya, Min.

        Malam, Admin.

        1. Bagaimana mengurus Perpanjangan STNK Kendaraan Dinas (Motor Dinas) yang tidak dibayar sejak tahun 2016? Dimana kendaraannya dan BPKB nya pun tidak diketahui. Dulu, kendaraan (Motor Dinas Win) itu dibawa oleh Pejabat Lama (telah pensiun dan meninggal), telah ditelusuri oleh Pengurus Barang Bappeda Kab. Kotawaringin Barat, namun tidak diketahui lagi pembawanya sepeda motornya.

        2. Adanya perubahan Plat Nomor Kendaraan Dinas dari KH xxx Gx ke KH xxxx GY (untuk motor) dan KH xx GU (untuk mobil), kami sekarang tidak dapat mengetahui apakah plat nomor terbaru STNK tersebut (dulu masih 3 digit). Sewaktu Pemegang Kendaraan Dinas belum pensiun dan pernah bekerja di Bappeda Kab. Kotawaringin Barat, kendaraan dinas itu dicatat sebagai aset Bappeda (nama pemilik di STNK masih PEMKAB II KOBAR).

        3. Pihak Aset BPKAD sebagai penyimpan BPKB Dinas pun tidak dapat menemukan BPKB aslinya (menurut mereka, tidak ada serah terima BPKB untuk disimpan ke BPKAD), namun Motor Dinas Win itu tetap tercatat sebagai aset Bappeda Kab. Kobar.

        4. Untuk kota Pangkalan Bun, apakah bisa mengurus Perpanjangan STNK Dinas (masalah nomor 1) tersebut di Pos Bundaran Pancasila (Taman Kota Pangkalan Bun) pada hari Senin s.d. Jumat? Kantor Bappeda, Kab. Kotawaringin Barat dekat dengan Pos Polisi Taman Kota Pangkalan Bun (untuk meminimalisir antrian).

        5. Apa persyaratan yang harus dilengkapi?

        Maaf, pertanyaannya banyak. Karena pertanyaan saya di twitter tidak pernah dibalas. Terima kasih.

      2. Admin

        @Elok.
        1. Pendaftaran duplikat BPKB (hilang/rusak. Setelah BPKB terbit baru bisa bayar pajak dan/atau cetak STNK. Detail : https://djafa.org/infosamsat-syarat-dan-biaya-duplikat-bpkb-hilang-atau-rusak/
        2. NRKB (nopol) berdasarkan BPKB. Kasus ini (nopol stnk beda dg BPKB) dulu banyak terjadi, sekarang sudah tidak bisa. STNK juga harus mengikuti BPKB. Jika bpkb tidak ada, kembali ke point 1.
        3. Sudah dijawab
        4. Pelayanan terkait BPKB pengurusan di Polda Kalteng atau Polres/polsek setempat, sedangkan samsat hanya melayani bayar pajak, cetak stnk dan cetak plat.

  • Admin
    Reply

    Syarat Balik Nama : BPKB STNK KTP PEMILIK BARU, KUITANSI JUAL BELI BERMATERAI, CEK FISIK. Biaya PNBP: perubahan bpkb, cetak stnk dan cetak plat. Pajak : BBNKB dan PKB ditambah SWDKLLJ

    1. Aditya Trinugraha
      Reply

      Saya ada kwitansi jual beli motor bekasnya tapi tidak pakai materai, hanya ada ttd penjual dan cap tokonya, apakah bisa? dan rencana mau balik nama ke nama saya, tetapi di kwitansinya nama kakak saya, apakah tidak apa-apa?

      1. Admin

        Harus pakai materai 6rbu. Silahkan baca di artikel berikut untuk solusinya http://bit.ly/biaya_bbnkb

    2. Cahyo
      Reply

      Bagaimana jika ingin balik nama kendaraan tetapo pajak sudah mati? Dan ingin membayar pajak tetapi ktp yg nama nama tidak punya?

      1. Admin

        @Cahyo. Langsung dengan KTP pemilik baru. Bayar pajak sekaligus balik nama. Bisa dibaca http://bit.ly/biaya_bbnkb

  • Taufik Irfansyah Sofian
    Reply

    Permisi, saya berencana ingin mutasi kendaraan dari Plat DA ke sini Plat KH. Masalahnya misalkan saya mutasinya di palangkaraya, apa bisa nanti untuk beberapa tahun kedepan membayar pajak tahunan dan ganti platnya di sampit ?
    Kalo harus pulang pergi dari Banjarmasin ke palangkaraya lalu sampit bakalan buang2 duit

    1. Admin
      Reply

      @Taufik. Mutasi masuk menyesuaikan dengan KTP pemilik baru, jika KTP Palangka maka diproses di Palangka. Proses pendaftaran BPKB tetap di Polda kalteng.
      Pajak tahunan bisa di samsat seKalteng, namun untuk ganti plat/STNK 5 tahun sekali harus diproses di samsat asal ( dalam kasus ini adalah samsat Palangka). Tidak bisa diproses di samsat lain.
      Namun untuk cek fisik bisa memakai cek fisik bantuan yang dikeluarkan samsat terdekat (misal cek fisiknya di samsat Sampit), sehingga kendaraan tidak perlu dibawa ke samsat asal

      1. Taufik Irfansyah Sofian

        Satu lagi, untuk biaya PKB apakah nantinya mengikuti biaya asalnya ? Misalkan disini tertulis 117.000 untuk Vega R 2006
        Yang saya agak bingung, untuk pengenaan biaya pajak progresif itu gimana pak perhitungannya ? Jadi nantinya saya punya 2 kendaraan dengan alamat yang sama, apakah nanti biaya pajak progresif itu terpisah dgn pkb jasa raharja ? Terima kasih banyak atas responnya pak

      2. Admin

        PKB oleh sistem akan dihitung sesuai Pergub dan Permendagri yang berlaku. Bisa saja tetap, lebih atau berkurang.
        Pajak progresif kalteng hanya untuk R4 atau lebih

  • Fitra Priyana
    Reply

    Selamat Malam. Saya mau tanya sebetulnya untuk kesalahan Nama pada STNK baru kalau dirubah berapa lama? Motor saya di beli Agustus 2016 sampai sekarang belum ada STNKnya gara-gara salah nama jadi harus dirubah tetapi sampai sekarang kok belum jadi-jadi

    1. Admin
      Reply

      Jika hanya salah nama di STNK, prosesnya tidak lama. Paling lama 1 minggu selesai. Namun jika BPKB juga salah, proses nya bisa 1 bulanan

  • Taufik Irfansyah Sofian
    Reply

    Okeh, Terima kasih banyak pak. Infonya sangat jelas sekarang

  • Agus Saragih
    Reply

    Selamat pagi. Kendaraan saya dari pangkalan bun. Apa bisa bayar pajak d samsat palangkaraya. Trima kasih

    1. Admin
      Reply

      Hanya pajak tahunan yang bisa bayar di samsat se Kalteng, selain itu (ganti plat, stnk hilang dll) harus di samsat asal.

  • palty
    Reply

    pak/ibu, saya beli kendaraan bekas dan beberapa waktu kemudian saya kehilangan STNK. Sementara saya hanya punya BPKB tanpa potocopy KTP pemilik motor tsb. Bagaimana cara mengganti STNK tsb dan berapa biayanya? Terimakasih

    1. Admin
      Reply

      Harus ada KTP pemilik motor, jika tidak ada, maka harus balik nama sesuai ktp pemilik baru. Duplikat stnk hanya bayar biaya cetak stnk. Sedangkan untuk biaya balik nama silahkan cek di halaman berikut http://bit.ly/biaya_bbnkb

  • Arthur
    Reply

    Dear admin, kapan Pemprov. Kalteng mengadakan pemutihan PKB atau penghapusan sanksi PKB seperti KALSEL ?. Tks

    1. Admin
      Reply

      Tidak ada program penghapusan sanksi PKB

      1. Arthur

        Kalau akan mutasi ke Kalsel, namun PKB telat bayar 5tahunan . prosedurnya seperti apa min?. tks

      2. Admin

        Langsung saja ke samsat, pendaftaran mutasi keluar, cetak fiskal, lalu ke Polda untuk cabut berkas. Syarat dan biaya bisa di baca di http://bit.ly/biaya_mutasi

      3. Sulisuono

        Ap bnar masukin biaya mutasi kena biaya di ruang mutasi…
        Dan ap bila berkas sudah kluar siap d ambil d minta biaya Lago

      4. Admin

        @mutasi masuk ada biaya BPKB baru. Bila ada biaya lainnya, supaya tidak salah paham silahkan ditanyakan ke petugasnya, biaya untuk apa dan apa dasar hukumnya

  • ferry meilindo
    Reply

    Pagi min.
    Mau tanya .misalkan saya mau bayar pajak tahunan , nama stnk sesuai ktp.tapi alamat stnk yg berbeda.alamat stnk di palangka raya(karena menyesuaikan tempat tinggal sekarang saat baru ambil motor).
    Sedangkan ktp saya kotim.
    Apakah saya akan bermasalah dalam pembayaran?

    Mohon infonya.
    Terimakasih admin.

    1. Admin
      Reply

      Harus sesuai antara STNK dengan KTP, jika beda tidak bisa bayar pajak, dan harus dirubah dengan cara mutasi tanpa balik nama karena namanya sama, sesuai KTP

  • Wildan DA
    Reply

    Min alur balik nama bagaimana dan biaya biayanya thanks? Karena di samsat pky g bisa pake fc pemilik y, haduh mau bayar pajak sulitnya

    1. Admin
      Reply

      Bisa dibaca di http://bit.ly/biaya_bbnkb

  • rian
    Reply

    min saya ingin bayar pajak tahunan motor, kebetulan saya membeli motor bekas, apakah bisa hanya dengan menggunakan fotocopy ktp pemilik motor pertama ? .

    1. Admin
      Reply

      KTP asli dan surat kuasa bermaterai harus disertakan juga

  • Bayu prasetyawan
    Reply

    Mohon maaf punya saya mau ngecek pajak kok gak bisa masuk masuk ya

    1. Admin
      Reply

      Bisa diinfokan nomor TNKB/plat nya

      1. Bayu Prasetyawan

        KH 4369 FO

      2. Admin

        KH4369FO. Tidak ada masalah di sistem. Harusnya bisa. Silahkan dicoba lagi.

  • Erwan rahman
    Reply

    izin bertanya pak, saya ingin bayar mobil dan sekalian ganti plat karena sudah 5 tahun. Kira-kira berapa biaya yang harus saya keluarkan? saya dapat info apakah setiap mobil pribadi sekarang no plat nya harus ganti angkat satu di depannya dan mengurusnya ke polda untuk cabut berkas? terima kasih

    1. Admin
      Reply

      Biaya ganti plat 5 tahun: cetak stnk, cetak plat ditambah PKB dan SWDKLLJ.
      Info tersebut tidak benar.

  • mahmud
    Reply

    saya mau menanyakan untuk pembayaran Pajak Kendaraan, motor saya plat KH 2515TA palangka raya, sekarang saya berdomisili di Lamandau,,apakah saya bisa bayar pajak melalui Online,,bagamaina caranya saya melakukan transaksi Pembayaran Online

    1. Admin
      Reply

      Yang dimaksud transaksi online adalah pembayaran bisa di samsat seKalteng. Jadi tetap harus ke samsat atau samkel terdekat

  • Widagdo
    Reply

    saya mau menanyakan .. kalau mau balik nama kendaran bermotor roda 2 yang sebelumnya atas nama perorangan / pribadi ke atas nama yayasan sosial bagaimana ? syarat dan prosedurnya bagaimana

    1. Admin
      Reply

      Syarat bisa dibaca di http://bit.ly/biaya_bbnkb

  • syiar
    Reply

    kenapa akses buat cek plat nomor semakin sulit neh, tolong dihilangkam untuk input nomor rangka!!! agar mempermudah ceknya.

    1. Admin
      Reply

      Menghindari disalah gunakan. Untuk memastikan bahwa yang mengecek adalah benar2 pemilik atau yang berkuasa atas kendaraan tersebut.

  • Nararia Utami
    Reply

    Mohon maaf saya mau ngecek pajak kok gak penjlasan biayanya ya?

    1. Nararia Utami
      Reply

      KH 6034 LO

      1. Admin

        Masa berlaku pajak lebih dari 3 bulan. Pajak belum bisa dihitung

    2. Admin
      Reply

      Pastikan 4 digit terakhir rangka sudah di input. Jatuh tempo kurang dari 3 bulan pajak belum bisa dihitung

  • Reza
    Reply

    Min samsat keliling sekrg di mna ya ?

    1. Admin
      Reply

      Samkel Palangka di Yos Sudarso, tapi tergantung petugasnya juga, sering kekurangan personal jadi tidak ada pelayanan.

  • seno
    Reply

    plat mobil saya terdaftar di palangkaraya dan pembelian dengan leasing di palangkaraya.. kemudian domisili saya skrng di pangkalan bun dan KTP sementara juga sudah di terdaftar di pangkalan bun.
    akhir bulan ini JT pajak kendaraan saya, dan apakah bisa melakukan pembayaran di samsat p bun? dokumennya apakah tetap diperlukan copy BPKB? daerah lain sudah mulai memudahkan pembayaran tanpa BPKB.. contoh di link ini : https://motorplus.gridoto.com/read/04139189/tanpa-bpkb-bisa-bayar-pajak

    1. Admin
      Reply

      Kelengkapan berkas merupakan wewenang kepolisian dan diluar kewenangan dipenda/badan keuangan provinsi. Sesuai perkap no 5 tahun 2012 pasal 83 ayat 1, syarat pengesahan STNK /pajak tahunan memang tidak disebutkan bpkb asli maupun copy, namun kembali ke petugasnya (polisi). Jika merasa keberatan silahkan di tanyakan langsung ke petugasnya dan ditunjukkan dasar hukumnya supaya ada kejelasan.
      Perkap bisa dilihat di : http://bit.ly/perkap_no5_th2012

  • Eko putwanto
    Reply

    Malam admin…sy tanya sarat nya bayar pajak 5 th sama stnk biaya nya apa masing2 atau jd satu…

    1. Admin
      Reply

      Langsung jadi satu

  • rino
    Reply

    kpan hrus di beri no krangka di persut saja penecekan pajak

    1. Admin
      Reply

      Untuk memastikan bahwa yang mengecek adalah benar2 pemilik/yang berkuasa atas kendaraan. Menghindari penyalahgunaan layanan

  • erna
    Reply

    Mtor saya pjakx telat 4th 5bl,kira2 berapa biayax ya?

    1. erna
      Reply

      KH 6277 PE nopolx

    2. Admin
      Reply

      Bisa di cek di https://info.samsatkalteng.com

  • Eckytsuki
    Reply

    Pagi Admin
    Posisi saya d banjarbaru kalsel,dan mobil saya plat KH,rencana besok mau mutasi keluar..
    1.Cek fisik bantuan sudah slesai
    2.SURAT KUASA ( yang mengurus mutasi keluar sepupu saya d palangka)
    3.BPKB & STNK Asli + copy @5lbr
    4.fotocopy KTP saya ( tidak berwarna)
    5.photo mobil 4lbr (depan-belakang-samping kiri& kanan)
    6.kwitansi jual beli

    Pertanyaan saya
    Persyaratan yg masih kurang apa aja,biar tidak bolak balik?
    Terimakasih sebelum ny

    1. Admin
      Reply

      Sertakan faktur, ktp asli dan copy, yang alamat Kalsel

  • subhan
    Reply

    motor saya plat palangkaraya sy domilisi dibjm kemn sy byr pjk dan ganti plat yg terdekat dr bjm…thnk admin

    1. Admin
      Reply

      @subhan. Pajak tahunan bisa dibayar di samsat kapuas, sedangkan ganti STNK harus di Samsat sesuai STNK. Cek fisik bisa dengan cek fisik bantuan di samsat terdekat (samsat banjarmasin)

  • anita
    Reply

    biaya u ganti wrna kendaraan brp y pak.. krena ini mobil lama dan sdh wktunya peremajaan.
    sy ingin tmpilan baru yg lbih bersih saja… mohon infonya

    1. Admin
      Reply

      @Anita ganti warna dikenakan biaya PNBP cetak STNK R2 100rbu R4 200rbu. BPKB, STNK, KTP sesuai STNK, surat keterangan dari bengkel, cek fisik

  • Ari Pambudi
    Reply

    Saya mau balik nama motor antar kecamatan di sampit. Prosesnya gimana admin?

    1. Admin
      Reply

      @Ari. BPKB, STNK, KTP baru, cek fisik. Ke samsat, lalu Ke polda kalteng / Polres setempat, ke samsat bayar pajak dan cetak stnk. Selengkapnya http://bit.ly/biaya_bbnkb

  • Soni
    Reply

    Yth. Admin
    Kalau mau ganti stnk dan plat apakah bisa di seluruh samsat di kalteng atau harus di tempat domisili kendaraannya…terima kasih

    1. Admin
      Reply

      @Soni. Harus di samsat sesuai STNK. Cek fisik bisa dengan cek fisik bantuan di samsat terdekat

  • ray32
    Reply

    gimana mau cek alamat pemilik motor

    1. Admin
      Reply

      @Ray. Alamat sudah tertulis di STNK dan BPKB. Jika bukan kendaraan sendiri dan ada permasalahan, Karena menyangkut privasi silahkan ke Samsat langsung. Untuk kasus tabrak lari, kriminal dll yang merupakan wewenang kepolisian, sertakan surat keterangan dari polsek/polres

  • Yupie Sasita
    Reply

    mau tanya biaya BBN kendaraan baru di awal tahun 2019 apakah akan naik ?
    atau msh di perpanjang yg 10% thn sebelumnya ?

    1. Admin
      Reply

      @Yupie, masih belum diputuskan. Pergubnya belum keluar, ada wacana akan dikembalikan sesuai perda yaitu 15% dengan pertimbangan, saat diturunkan menjadi 10% tidak ada peningkatan pendapatan. Dalam analisa harga jual kendaraan di pasaran ternyata tetap, baik BBNKB 10% maupun 15%.

  • Aldi
    Reply

    Min. Bisa tolong di cek berapa biaya untuk.pembayaran pajak dan ganti nopol kend KH 2907 NP. Soalnya Jauh dari samsat.

    1. Admin
      Reply

      Cek di halaman info pajak

  • harry
    Reply

    kriteria termasuk kena pajak progresif bagaimana, trima kasih

    1. Admin
      Reply

      @Harry. Tergantung daerahnya. Ada yang berdasarkan nomor KK yang sama, ada yang berdasarkan nama dan alamat yang sama. Untuk Kalteng masih berdasarkan nama dan alamat yang sama. Dihitung dari urutan pembelian kendaraan (saat balik nama baru/second)

  • Febri
    Reply

    Untuk layanan Samsat yang biasa tersedia di mobil apakah masih ada? Klo ada pada hari apa saja?

    1. Admin
      Reply

      @Febri. Masih ada, jadwalnya tergantung dari masing2 samsat. Khusus untuk samkel palangka raya senin-jumat mulai jam 8-12 siang di jl. Yos sudarso, car free day minggu di bundaran besar

  • zaim muhammad efendi
    Reply

    Untuk balik nama kendaraan roda dua apa saja syarat2nya dan berapa biayanya pak ??

    1. Admin
      Reply

      @Zaim
      Biaya balik nama :
      – PNBP : BPKB, plat dan stnk
      – Pajak : BBKNB, PKB (jika belum bayar PKB), plus denda jika pajak mati
      – SWDKLLJ (jika belum bayar swdkllj, plus denda jika ada
      Syarat : BPKB, STNK, KTP pemilik baru, kuitansi materai 6rbu, cek fisik.
      Selengkapnya di http://bit.ly/biaya_bbnkb

  • Harry
    Reply

    Maaf pa saya nanya lagi, jika nama beda tapi alamat sama misalkan bapa dan anak kan tinggal serumah, apakah dikenakan pajak progresif…trima kasih banyak untuk infonya

    1. Admin
      Reply

      @Harry. Untuk kalteng progresif berdasarakan nama dan alamat, nama beda alamat sama tidak progresif, nama sama alamat beda tidak progresif.

  • Angga
    Reply

    Maaf Pak mau nnya kalau mau perpanjang stnk ( ganti plat nomor ) tp nama di stnk masih nama pemilik lama apakah bisa di urus ? Terima Kasih

    1. Admin
      Reply

      @angga. Sangat bisa sekali. Bisa dibaca artikel berikut : http://bit.ly/bayar_pajak_tanpa_ktp

      1. Angga

        Emtt jadi harus lewat calo/ biro ya pak , g bisa mngurus sendiri

      2. Admin

        @Angga. Bisa saja dengan langsung balik nama

  • Mukhtar Shiro19
    Reply

    Siang Admin… Saya mo tanya untuk perpanjangan pajak mobil saya beli mobil secon atas nama PT. Apakah bisa di perpanjang tanpa harus balik nama dulu???

    1. Admin
      Reply

      @Mukhtar. Sangat bisa sekali. BPKB, STNK, Akta Perusahaan, surat kuasa bermaterai dari perusahaan, KTP yang diberik kuasa (yg membayar pajak).

  • Aegis
    Reply

    Ini untuk pembayarannya dmn ya pak?? Saya di kotim pak.. apa langsung k samsat kotim?? Dan caranya supaya tidak di kenakan denda gimana?? Pajak mobil saya udah mati 3 tahunan

    1. Admin
      Reply

      @Aegis Langsung saja ke samsat kotim. Tidak perlu syarat khusus, BPKB, STNK, KTP sesuai STNK, masing2 asli dan copy. Bila ganti STNK ditambah cek fisik. Bila tidak ada KTP sesuai stnk bisa di baca artikel berikut : http://bit.ly/bayar_pajak_tanpa_ktp

  • Manuel
    Reply

    Slamat malam, Saya punya kendaraan motor vario 125 nomor plat muara teweh kab. Barito Utara,, saya urus pepanjangan stnk dn plat 5 tahunan lewat samsat puruk cahu, kab. Murung Raya (saya domisili di puruk cahu), rincian biaya yg saya harus bayar

    Pajak 213.500
    Plat, stnk, ongkir 565.000
    Gesek no.rangka dn mesin 100.000
    Total biaya yg harus saya bayar, 878.500

    Apakah biaya, tersebut sdh sesuai…???
    Trima kasih penjelasanx….

    1. Admin
      Reply

      @Manuel. Ganti STNK harus di proses di samsat asal, jika diproses selain samsat asal, berarti masuk berkas titipan yang bukan melalui loket resmi. Biaya diatas wajar saja karena memang tidak melalui loket resmi. Ganti STNK 5 tahun lewat loket resmi biayanya RP: 160, R4: 350, ditambah Pajak, tidak ada tambahan biaya lainnya.

  • Harun Suwarno Wongsotinoyo
    Reply

    Kendaraan saya ada di malang,apakah bisa bayar pajaknya di Malang,terima kasih

    1. Admin
      Reply

      Masih belum bisa

  • Seto
    Reply

    Assalamu’alaikum min… Mau nanya syarat2 pajak motor tahunan apa aja ya, apa harus bawa fto copy sma BBKB asli ya…? Trima kasih

    1. Admin
      Reply

      @Seto. Sesuai dengan perkap no 5 tahun 2012, pasal 44. BPKB, STNK, KTP sesuai STNK, masing2 asli dan copy

  • mr.boy
    Reply

    min….. berapa lama mutasi palat hitam ke kuning untuk truk…………………………………..

    1. Admin
      Reply

      Jika urus sendiri, 1-2 minggu selesai

  • aufa
    Reply

    Min saya mau tanya mau bayar pajak dan ganti plat mobil plat mobil area sampit dan posisi saya skrg d palangka raya kalo mau balik nama nopol tetap sama apa berubah

    1. Admin
      Reply

      Berubah sesuai areanya, kodenya bukan lagi F. Nomornya juga berubah

  • isnani
    Reply

    min mau tanya, katanya kalo menunggak pajak 2 tahun akan di hapuskan dan dianggap beli baru. itu maksudnya gimana? mohon pencerahannya 🙏🏻

    1. Admin
      Reply

      @isnani. 2 tahun setelah STNK mati, bukan 2 tahun menunggak pajak. Mati stnk dan mati pajak berbeda. Aturannya sudah terbit tapi masih belum di terapkan.

  • isnani
    Reply

    kalo mati stnk itu bagaimana mohon pencerahannya?

    1. Admin
      Reply

      @isnani. Ada stnk ada SKPD. Lembar depan namanya STNK tertera masa lalu STNK (5 tahun), lembar belakang namanya SKPD tertera masa laku pajak selama (1 tahun)

  • Tono
    Reply

    Apa saja syarat untuk Balik Nama Mobil dan berapa rincian biaya yang harus dibayarkan?

    1. Admin
      Reply

      @Tono. Bpkb, stnk, kuitansi materai, Ktp pemilik baru, cek fisik. Jelasnya bisa dibaca artikel berikut : http://bit.ly/biaya_bbnkb semoga membantu

  • carlo
    Reply

    Selamat pagi, mohon bantuan pak saya kemarin datang ke samsat rantau tapin kalsel untuk mengurus cabut berkas mobil saya ( kijang super tahun 1988 )…alasan saya cabut berkas adalah untuk memudahkan pembayaran pajak dan plat no mbl sehingga saya tidak perlu ke Banjarmasin atau Rantau…tetapi sesampai disana saya sangat terkejut dengan biaya yang harus saya keluarkan untuk cabut berkas yaitu sebesar 3 jt lbh…pajak mobil saya hidup dan berkas 2 lengkap…sebelum berangkat ke Samsat Rantau saya sudah lihat dan baca di internet proses cabut berkas secara resmi tanpa calo tidaklah mahal maka dengan modal 2 jt ( untuk urus cabut berkas dan biaya perjalanan saya dengan travel ) saya memberanikan diri berangkat menuju Samsat…apakah memang biaya tersebut normal untuk proses cabut berkas dengan berkas lengkap dan pajak hidup pak ?…apakah saya bisa cabut berkas melalui online ?..saya ingin taat pajak tetapi karena masalah ini mobil saya bisa jadi tidak terurus lagi pajak dan platnya… karena rasanya saya tidak bisa kembali ke Rantau lagi mengingat keuangan dan rasa trauma apabila nanti hasilnya sama saja…terima kasih, salam

    1. Admin
      Reply

      Biaya mutasi berkas terhitung murah jika pajaknya hidup, hanya membayar PNBP mutasi saja, yaitu Motor : 150rb, Mobil : 250rbu prosesnya 1 – 2 minggu di lakukan di polres kabupaten setempat atau polda provinsi. Kalau di samsatnya gratis tidak dipungut biaya jika berkas lengkap dan mengurus sendiri. Bisa di baca http://bit.ly/biaya_mutasi

      1. carlo

        terima kasih jawabannya pak…berarti saya harus kembali datang ke samsat rantau ? kemarin pagi saya serahkan berkasnya ke pegawai samsat bukan dengan polisi yang ada di samsat…karena waktu itu belum datang petugas polisinya…apa berkasnya sebaiknya diserahkan ke petugas polisi yang bertugas di samsat ya ? teima kasih

      2. Admin

        @Carlo. Jika lewat depan biasanya ada isi formulir yg harus di isi. Diserahkan ke petugas bukan berarti pasti jalur resmi, karena bisa jadi dianggap berkas titipan/calo. Pastikan melalui loket resmi

  • Carlo
    Reply

    Waktu itu sy datang sblm jam kmtr samsat buka..lalu ada pegawai samsat menanyakan ada perlu apa..sy jawab cabut berkas..sejak itu berkas sy di periksa olehnya..dan pegawai trsbt merinci biaya cabut berkas..prosedur sbnrnya bgm ya apa berkas sy sbnrnya yg memeriksa adlh petugas polisi yg bertugas di samsat? Mohon pencerahan nya pak..terima kasih

    1. Admin
      Reply

      Ya ditanya saja, 2jt tersebut untuk apa saja, pastikan ada rinciannya.
      Dibaca saja artikel http://bit.ly/biaya_mutasi

  • Jhoni
    Reply

    Permisi mau tanya,, saya ngurus perpanjangan plat untuk 5 thn,, trus kata petugas samsat y, nomor plat saya yg lama diganti sama nomor plat yg baru, karena peraturan dr pusat lngsng yg mengganti,,, smpi saat ini stnk dan nomor plat belum keluar,,, mohon pencerahan dan penjelasan y, terima kasih

    1. Admin
      Reply

      @Jhoni. Nomor diganti biasanya karena masuk kategori nomor pilihan (cantik). Masalah BPKB dan STNK belum jadi, baiknya tanyakan langsung ke petugasnya, admin malah ngga mengetahui di lapangan seperti apa. Jika mengurus sendiri BPKB biasanya 1-2 minggu, STNK sehari selesai

  • Amalia
    Reply

    Saya mau perpajang stnk tpi punya bpa saya bpa saya sedang di luar kota saya ada stnk dg bpkb bisa kah cuma persyrataan itu aja

    1. Admin
      Reply

      @amalia. Aturannya harus ada ktp asli sesuai STNK

  • Amalia
    Reply

    Brarti saya ttp ga bsa byar pajak gmna cranya saya bsa bt KTP bpa saya di medan sana ga tau kbarnya gma
    Tp klau ftocopy ada aja d tnggal
    Masa saya harus lewat calo saya td sdh k smsat 100 ribu d mnta upahnya ngrus prpajng stnk

    1. Admin
      Reply

      @amalia. Bisa dibaca artikel berikut, dijelaskan secara detail http://bit.ly/bayar_pajak_tanpa_ktp

  • Tri Joko
    Reply

    Min bisa ngga bayar pajak motor secara online seperti di kabupaten² tetangga yg lain ?
    atau bisa ngga bayar pajak motor yg seharusnya di kotim, krn berhalangan jadi membayarnya lewat samsat kab lain (kab.seruyan … etc) ?

  • Glencio
    Reply

    Saya mau perpanjangan plat utk 5 tahun, posisi kendaraan ada diluar kota. Apa bisa saya gesek sendiri no rangka, no mesin dengan Isolasi Kertas, saya bawa berkasnya aja tanpa bawa kendaraannya

    1. Admin
      Reply

      @Glencio. Bisa pakai cek bantuan. Silahkan dibaca http://bit.ly/cekfisikbantuan

  • Second DNS
    Reply

    apa benar BBNKB naik jd 12.5 % di 2019 ? atau msh tetap 10% seperti thn 2018 ?
    mohon info selengkapnya

    Salam

    1. Admin
      Reply

      @second. Di Perda BBNKB 1 (baru) besarnya 15%, aturan ini tetap seterusnya. Sedangkan 10% berdasarkan pergub, jika masa berlaku Pergub habis, maka kembali ke Perda yaitu 15%. BBNKB 1 tahun 2019 memang akan dinaikkan menjadi 12,5%, menunggu Pergub dalam waktu dekat ini

  • okky
    Reply

    Mimin, mohon ijin nanya :
    1. apakah di riwayat pembayaran tidak termasuk biaya hitungan denda? karena beda dengan jumlah yang ada dengan bukti yg saya terima sekarang
    2. apakah pengesahan STNK dipungut biaya pengesahan STNK? karena ditempat kami masih dipungut biaya pengesahan STNK. apa dasarnya?

    trima kasih mimin, semoga mimin selalu sehat.

    1. Admin
      Reply

      @okky. Termasuk denda kalau ada. Jika ngurus sendiri, harusnya tidak ada biaya tambahan. Tapi kalau nitip atau berkas tidak lengkap atau tidak melalui loket resmi depan ya admin ngga ngerti.

  • agung
    Reply

    Selamat siang min, saya ada mobil plat DA, februari ini habis. Apa bisa dibayarkan pajak tahunannya di samsat Sampit? Terimakasih

    1. Admin
      Reply

      @Agung. Masih belum bisa

  • Alian junaidi Hutasoit
    Reply

    Pak mobil saya plat KH TERLAMBAT BAYAR 2BULAN ,BAYAR DENDANYA FULL ATAU POKOKNYA SAJA, TKS

    1. Admin
      Reply

      @Alian. Full…

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.